Rabu, 02 Maret 2011

Film : Piala Oscar 2011, ajang yang dipenuhi kontroversi

California , Mikiran Yayat
Berbagai kejutan terjadi pada puncak penghargaan tertinggi di Academy Awards 2011 di California. Kejutan pertama adalah soal tempat penyelenggaraan acara di Kodak theatre yang terkena imbas badai Katrina. Diusulkan lokasi acara dipindahkan dari California ke Kalipah Apo. Namun usul ini jelas-jelas ditolak dengan alasan jalan Kalipah Apo suka macet saat jam makan siang oleh antrian orang yang beli dan pesen lotek. Akhirnya acara diputuskan tetap diadakan di Kodak Theatre walaupun saat acara berlangsung tampak disana-sini berserakan baskom keur namper bocoran cai hujan. Kejutan lainnya adalah tentang penamaan piala Oscar yang diperdebatkan para penggemar ikan hias karena dianggap sudah kadaluarsa dan turun pasarannya. Sebagaimana kita tahu nama Oscar diambil dari ikan piaraan di akuarieum pemilik bioskop 'Regent' . Bioskop 'Regent' adalah bioskop 'Rek girimis ge nagent' - yang bersaing dengan bioskop 'Misbar' alias girimis bubar  yang merupakan bioskop kenamaan  di era 1920-an. Nama Oscar dianggap sudah tidak menjual sejak kemunculan ikan cupang dan ikan lohan. Namun lagi-lagi usulan ini ditolak karena khawatir jika suatu saat nanti ikan betok  pasarannya naik maka ajang bergengsi ini akan berganti menjadi ‘Piala betok’ (jadi teu gaya – red).
Kejutan juga terjadi di luar penyelenggaraan acara. Para nominator yang digadang-gadang akan menggondol piala oscar, ternyata tak ada satupun yang mampu menggondol pialanya karena semua piala sudah digondol ku garong. Pihak polisi California mengaku kecolongan. Peristiwa yang terjadi persis seperti cerita yang sering terlihat di film-film Holywood. Untung saja ada polisi berpakaian preman yang moal paeh-paeh sanajan dibedil sataker-kebek oge. Polisi yang belakangan ini diketahui bernama Bruce Willis itu berhasil menggagalkan perampokan oleh perampok yang belakangan ini juga diketahui bernama Chuck Norris. Wartawan kami yang sempat mewawancarai Bruce Willis perihal perampokan itu hanya mendapat jawaban singkat, “ Yippi-yippi-kayyey..”. Hal yang sama juga kami dapatkan dari Chuck Norris yang hanya memberi jawaban singkat,“ You are nexttt..!!.” sambil sosorongot jeung poporongos ngacungkeun curuk ka muka wartawan kami.
Namun kejutan yang sesungguhnya terjadi di ajang penganugerahan piala oscar. Diluar dugaan, beberapa nominator yang dijagokan menjadi pemenang justru kandas. Aktris cantik Natalie Portman yang bermain cemerlang di film 'Black Swan' (yang di Indonesia diterjemahkan menjadi 'entog hideung' ) berhasil menyingkirkan aktris watak senior Madame Nory yang juga bermain gemilang di film 'Black pig'  (di -Indonesiakan jadi 'bagong hideung'). Madame Nory, aktris yang kerap dipanggil Mpok Nori ini kalah secara menyakitkan dalam persaingan terketat sepanjang sejarah piala oscar. Film 'Black Pig' tersingkir karena dinilai para juri film tersebut menyadur film 'The Polish Pig' ('Babi Ngepet') yang pernah menang di ajang yang sama. Selain itu para juri menilai film 'Black Swan' unggul lebih panjang dalam durasi film daripada film 'Black Pig'. Namun Madame Nory mensinyalir ada faktor subjektifitas dalam penilaian. “Saya menduga para juri menilai bukan berdasarkan panjang - pendeknya durasi film. Melainkan berdasarkan panjang-pendeknya hidung pemain film... Kalau dibandingkan dengan Si Natalie Portman mah jelas- jelas irung sayah leuwih pondok atuh..” kata Madame Nory dengan muka sedikit napsu.
Bukan hanya di katagori aktris terbaik saja terjadi kontroversi. Ua Kepoh yang diunggulkan di katagori pengisi suara bangkong terbaik ternyata dikalahkan oleh Ua Kemod yang merupakan pendatang baru. Hal ini menuai kontroversi akibat ketidakjelasan para juri membuat kriteria penilaian karena ada dua jenis suara bangkong yang diperlombakan. Yang pertama yaitu suara bangkong korodok, dan yang kedua adalah suara bangkong katincak.  Disamping itu Ua Kemod sudah terpilih menjadi nominasi aktor pendatang baru terbaik. Terpilihnya Ua Kemod menjadi nominator katagori pendatang daru terbaik ini juga menuai kontoversi karena jelas-jelas Ua Kemod bukan pendatang baru di ajang ini. Dia sudah datang jauh-jauh hari di California sebulan sebelum acara berlangsung. Yang dinilai pantas masuk nominator di katagori pendatang baru terbaik adalah Alex komang dan Nurul Arifin karena mereka berdua membintangi film 'Pacar Ketinggalan Kereta' yang membuat mereka baru sampai di perhelatan acara satu jam sebelum acara dimulai akibat katinggaleun kareta. Berhubung para juri tak kunjung mencapai kata sepakat maka akhirnya pemenang diputuskan dengan cara dicentring.









Aktris kawakan Madame Nory berjalan di red carpet di ajang Academy Awards 2011


Madame Nory melakukan protes diatas panggung,
meminta lain kali penjurian dilakukan lebih transparan

1 komentar: