Jumat, 11 Mei 2012

Kuliner : Rumah Makan Dapur Bi Ijoh sajikan menu khas Cijapati

Cijapati, Mikiran yayat
Jika anda lewat ke Cijapati, pastikan mampir ke Rumah Makan Dapur Bi Ijoh. Tempatnya terletak di jalan yang sering dijadikan jalur alternatif dari Bandung menuju Garut jika Nagreg macet total. Sajian menu Dapur Bi Ijoh sangat khas dan menggugah selera. Resepnya racikan langsung Bi Ijoh  dan anak-anak Bi Ijoh yang merupakan chep ternama. Anak Bi Ijoh sendiri bernama  Cep Deden, Cep Dadang, dan Cep Maman.  Selain akan membuat anda ketagihan, menu Dapur Bi Ijoh juga akan membuat Anda katagihan bon nu kudu dibayar. Ditambah suasana alam  Cijapati yang asri menjadikan pengunjung betah berlama-lama menyantap hidangan khas Cijapati sambil menikmati pemandangan eksotik Cijapati.

Menu yang diandalkan di rumah makan Dapur Bi Ijoh ini ternyata tidak jauh-jauh diambil sesuai dengan nama lokasinya di Cijapati, yaitu menyajikan berbagai menu olahan  manuk japati. Dari japati goreng, japati bakar, sampai menu spesial  japati tak pernah ingkar jangji. Menu ini adalah andalan Dapur Bi Ijoh. Sebab siapapun yang memesan menu ini dijanjikan akan dapat manuk japati yang masih  segar bugar  karena didapat dari hasil ngelepek japati nu ngaliwat.  Selain itu ada menu goreng japati balap. Menu ini disajikan secara cepat. Jika dalam 5 menit pesanan tak diantar, maka anda boleh mengambil 2 pilihan menu lain secara gratis. Yaitu menu goreng japati pergi tak jemput. Dan menu goreng japati pulang tak diantar.

Menu lain yang harus anda coba adalah menu japati bakar lima rasa. Ini adalah menu yang unik karena olahan bumbu-bumbunya akan membuat anda merasakan 5 sensasi rasa yang berbeda. Saat daging japati digigit dan bumbunya lumer di mulut, maka yang anda rasakan pertama adalah rasa asin, yang kedua rasa manis, yang ketiga rasa haseum, yang keempat rasa nyereng, dan yang kelima adalah rasa kaduhung kunaon beut meuli, sebab satu porsi harganya 500 ribu rupiah.

Bi Ijoh sendiri sudah cukup lama membuka rumah makan dengan menu khas Cijapati. Untuk urusan pemasok manuk japati, Bi Ijoh masih mengandalkan pasokan dari pasar burung Sukahaji. Namun terkadang pasokan manuk japati dari pasar burung Sukahaji tidak lancar. Jika stok japati sedang langka, Bi Ijoh suka mengganti menunya dengan stok burung lain yang tersedia di pasar. “ Kalau manuk japati sedang kosong, saya suka menggantinya dengan manuk naon wae nu aya di Pasar Sukahaji. Kadang-kadang make manuk beo oge bisa”, kata Bi Ijoh. Namun memasak manuk beo bukan tanpa masalah. Bi Ijoh pun membeberkan masalah itu.“ Kendala masak manuk beo cuma satu. Manuk beo mah sok loba omong samemeh dipeuncit. Aya beo nu ngomong lamun dipeuncit rek dibejakaeun ka bupati Garut. Ada juga beo nu sok baceo menta tong dipeuncit pedah isin ku pa RT – isin ku pa RW.  Sihoreng beo itu dulu kandangnya deukeut lapak jualan CD bajakan nu sok muter lagu  Kunkun ‘Hayang Kawin”,  kata Bi Ijoh

Baru-baru ini Bi Ijoh memperkenalkan 2 paket masakan baru yaitu paket PAHE 1 dan PAHE2. “ PAHE 1 adalah   paket PASTI HE-ES, menunya terdiri dari 5 potong japati goreng dan sangu saboboko, dengan harga 10.000 rupiah. Yang pesan dan menghabiskan menu ini dijamin lelengutan tunduh hayang sare“, ujar Bi Ijoh. “Sedangkan  PAHE 2 adalah  paket PASTI HESE HE-ES. Menunya sama, bedanya  cuma harganya dibandrol 1 juta rupiah. Jadi yang pesan dijamin moal bisa sare” lanjut Bi Ijoh bari nyeupah jeung ngaduruk suluh dina hawu.



Diantara jenis merpati yang susah dimasak adalah jenis merpati putih. “Lingas hese ditewak, siga nu  bisaeun jurus Jet Li”  ujar Cep Deden – juru masak di Dapur Bi Ijoh



Minat wisatawan berkunjung ke Cijapati melonjak saat akhir pekan. Maskapai penerbangan Japati Air suka ngahaja nyimpang untuk istirahat makan di Dapur Bi Ijoh. Namun karena di Cijapati belum ada radar dan bandara, maka pendaratannya masih memakai cara tradisional dengan cara dikelepek.  


7 komentar:

  1. Kalau sudah melewati Cijapati tegang terasa lapar...Ditambah ada Dapur Bi Ijoh..tambah mantap.
    http://f-swatyas.blogspot.com

    BalasHapus
  2. salam knal gan.... ulah hilap mampir ka blog abdi
    http://allyamien.blogspot.com

    nuhun

    BalasHapus
  3. gkgkgkgk. Haduh haduh eta Chep na namana praktis.

    Pesen PAHE1 Mang, bisa patungan buat 5 orang jd 2rb ewang

    BalasHapus
  4. Hahahahaha....hadeuuuh ampuuun....aya nu jiga kiyeu nya....tapi bay de way hade pisan....janten hiburan di tengah2 berita2 serius yang pajurawet....

    BalasHapus
  5. gehel sugan anu ngelepek japati kuring...
    pantesan tiap ngaliwat ka daerah dinya meus meus leungit..
    jigana di goreng ku bi ijoh nyaa..

    BalasHapus
  6. Kangen baca artikelnya, jadi flashback. Nuhun Mang Yayat sudah menghibur masa kecilku :')

    BalasHapus